Company News


Tips Merawat Generator Set (Genset)
Tuesday, 13 August 2013 | Post By : admin

Pemeliharaan mesin atau peralatan merupakan salah satu hal yang sangat penting dilakukan demi menjaga kodisinya tetap stabil, serta mampu menjalankan fungsinya sebagaimana mestinya. Hal ini pun sebaiknya dilakukan secara rutin atau berkala. Termasuk salah satunya adalah perawatan terhadap mesin generator set atau genset. Untuk memaksimalkan kinerja serta umur generator, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam merawatnya. Hal ini berlaku baik mesin generator engine 2 tak dan 4 tak, maupun genset engine diesel.

  • Pastikan oli mesin yang digunakan sesuai dengan kapasitas mesin. Tambahkan oli jika dirasa kurang, serta ganti oli jika sudah cukup lama digunakan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan kekentalan oli. Pastikan pula oli yang digunakan memiliki kualitas baik.
  • Lakukanlah pengecekan secara berkala, baik bahan bakar maupun air pendingin (khusus untuk yang memakai radiator).
  • Catatlah lamanya pemakaian genset, untuk memastikan jadwal penggantian oli, filter oli, air filter, dan fuel filter.
  • Pemanasan mesin sangat dibutuhkan bagi genset dengan jangka waktu tertentu berdasarkan jenis genset. Misalnya, jenis engine genset dengan starter elektik membutuhkan pemanasan mesin minimal satu minggu sekali. Hal ini dikarenakan generator menggunakan accu yang membutuhkan pengisian secara konsisten. Jika terlalu lama tidak menghidupkan generator dapat menyebabkan accu menjadi kosong. Sehingga, jika sewaktu-waktu digunakan tidak akan menyala, dan mengharuskan menghidupkannya dengan tarikan tuas atau sistem recoil.
  • Untuk memperpanjang umur generator, gunakanlah dalam kapsitas continous bukan kapasitas maksimumnya. Misalnya, generator dengan rated currrent 2,0 KVA dan max.   2,2 KVA, sebaiknya gunakan dalam kapasitas maksimal 2,0 KVA atau sekitar 1600 watt.
  • Penggunaan generator sebaiknya dengan pemberian beban yang bertahap. Jangan langsung memberikan beban tinggi dalam suatu massa yang sama. Misalnya menghidupkan AC secara bertahap. Jika dalam waktu yang bersamaan, apa pun jenis gensetnya, misalnya jenis silent genset, dapat mengakibatkan kerusakan pada genset.

 

Sumber: http://mesin-store.blogspot.com




Komentar


NEWS


CONTACT US


PT. Bima Sakti Utama

Jln. Panglima Polim Raya No 49B
Kebayoran Baru - Jakarta Selatan
Jakarta 12160

Telp  :  (021) 7227524, 7227517
Fax  :  (021) 7392107
E-Mail  :  info@bimasaktiutama.com